Senin, 27 Juli 2015

Work and Holiday sacrifice

Work and Holiday Visa’s Begin Step



Work and holiday visa Australia bukan hal baru di telinga, aku dengar program ini sejak 2012 saat di kirim oleh nindya, tapi syarat yang terberat adalah harus adanya uang sejumlah 50 juta, dan ini merasa sedikit mustahil untuk mengumpulkan uang sebanyak itu, tapi benar apa yang katakan bahwa “waktu Allah tidak perna datang terlambat dan selalu tepat waktu”, akhirnya sekitar 2 tahun setelah mendengar tentang whv akhirnya aku mendaftar juga di dukung penuh oleh temanku rifka yang telah membuktikan jika kita berusaha akan ada jawaban dari doa kita.



Rifka telah membuktikannya dan akhirnya dia bisa berangkat,dia berangkat berawal dari tekad yang kuat dan usaha yang keras. sebenanrnya rifka telah menyarankan aku untuk ikut program ini sebelum awal tahun,tapi saya tak bergeming dengan alasan masih menunggu kelanjutan proses ke Kanada,proses kontrak yang tak berujung hingga sampai dengan hari ini, setelah awal tahun aku lihat proses ke kanada tak berlanjut akhirnya aku memutuskan untuk mengikuti program ini,berhubung hampir semua persyaratan telah saya miliki tinggal memikirkan uangnya, dan akhirnya rifka menyarankan saya untuk meminjam uang omnya jadi saya di suruh daftar dulu, dan nanti uang omnya akan dia masukin sebanyak 25 juta dan tinggal mencari 25 juta sisanya, dan akhirnya februari tanggal 12 resmillah saya mendaftar di web immigrasi indonesia, dan sedikit was-was sebenarnya bagaimana kalau dalam 2 minggu nama saya di panggil dan saya belum mempersiapkan uangnya dan bagaimana kalau uang belum mengendap selama tiga bulan,syukur saya mempunyai teman yang berpengalaman telah melalui proses ini ( rifka ) yang akan menabok saya saat saya mulai panik, karena jujur di bayangan saya saat itu adalah uang senilai 50 juta itu harus mengendap di rekening tanpa di ganggu gugat, tapi ternyata kata rifka tidak seperti justru harus terlihat keluar transaksi yang stabil,sehingga tak terlihat duit itu pinjaman.aku orang paling takut sekali berhutang, sangat aku hindari tapi dengan ini mau tak mau aku harus berhutang walaupun aq tahu uang tersebut tak akan saya pakai, akhirnya dengan tekad bulat dan keberanian tingkat dewa akhirnya aku putuskan untuk meminjam duit ke tante Rizka  dan omku,karena dari semua kandidat yang aku list tidak ada yang memungkinkan buat meminjamkan uang sebanyak itu,dan akhirnya berbekal kekuatan baja dan muka tembok akhirnya aku memberanikan diri buat meminjam uang,berbekal 3 atm dari dua Bank akhirnya aku mengutarkan maksudku kepada tante and omku, bersyukur akhirnya mereka dapat meminjamkan uang tapi tidak dalam waktu lama, tapi tidak apa-apa yang paling penting untuk transaksi keluar masuk dan akhirnya aku antar buku rekening bca dan atmnya ke tante riska, resmilah tanggal 12 februari akhirnya uang masuk ke rekeningku bertahap dan tanggal tersebut aku daftar di web imigrasi.

09 maret ada wawancra gelombang 51, rifka menyarankan untuk datang saja bawah berkas lengkap siapa tahu banyak yang ga hadir sehingga bisa ikut wawancra, datanglah ke wawancra sengaja datang pagi dan orang aku temui pertama kali mas oki,harri dan nura, akhirnya ada sala satu dari kita yang menyarankan buat bikin grup line,dan terbentuklah grup line gelombang 51.satu persatu peserta wawancara hadir, ketika melihat pak teguh aku tanya bisa ga wawancra menggantikan orang dan di minta surat kuasa, dan aku bilang aku belum punya jadi tak di perbolehkan wawancara. pulang ke rumah aku lihat2 di list siapa kemaren yang tak datang wawancara,akhirnya aku lihat johnsen tak bisa hadir dan mencari pegganti, aku hubungi dia untuk minta surat kuasa, syukur johnsen orang yang baik dia bersedia untuk membuat surat kuasa , setelah suata kuasa datang , aku datang ke imigrasi dan memberi tahu pak teguh kalau aku da dapat surat kuasa tapi pak teguh Tanya surat kuasa ini kurang meyakinkan dan meminta surat konfirmasi dari johnsen kalau surat itu benar-benar dari dia, dan besok  johnsen mengrim surat konfirmasi dan akhirnya aku datang ke imigrasi lagi membawah hard copy dari johnsen, dengan pertimbangan itu aku di bolehkan untuk ikut wawancara di gelombang selanjutnya,gelombang 52. Yippi one step accomplish.
Aku mencoba memprediksi perkiraan waktu wawancra, dan wawancra di perkirakan akan jatuh senin ke empat akhir bulan,sekitar tanggal 20an dan otomatis uang senilai 50 juta harus sudah terkumpul,  aq menghubungi omku untuk meminjam uang 25 juta, dan aku ambil rekening yang aku titipkan ke tanteku( aku sengaja menitipkan atmku dan buku tabunganku untuk transaksi saja) akhirnya omku memberi pinjaman 25 juta di tambah duit 25 di rekening Bri, hari jumat aku satukan semua duit di rekening Bca dan mengambil rekening koran dan tak lupa aku print buku tabungan, karena duit cuma ada 50 juta, dan sedikit riskan sebenarnya karena uangnya sangat ngepas dan aku putuskan  pinjam duit lagi ke regina staff Hrd di kantor 2 juta, syukur Regina orang yang baik aku bisa pinjam duit dari dia, sehingga jumlah uang yang ada di tabungan senilai rp52,700,000 dan Alhamdulliah berada di posisi cukup aman,namun hingga siang pengumuman wawancra belum juga keluar,akhirnya sore pengumuman keluar dan Alhamdulliah namaku ada di sana, tak sabar menunggu hari senin dan semua berkas telah siap, dan sedikit takut adalah aku tak dapat izin untuk pergi ke imigrasi, akhirnya aku izin ke miss bunga kalau aku hari senin akan telat, mana bertepatkan dengan waktu ptc jadi miss bunga tak apa2 aku telat asalkan aku pulang sebelum jam 1.

23 Maret 2015 Wawancara time.

waktu wawancara datang, berdasarkan info dari Harry bahwa peserta wawancra di panggil berdasarkan urutan pengunguman di web,karena namaku paling akhir hingga aku putuskan untuk tidak terlalu buru2 datang. jam 8 aku datang dan peserta belum terlalu bnyak yang tiba,akhirnya aku ngobrol dengan satu cowok china ,tanto cerita2 sedikit dan akhirnya kurang dari jam 9 aku kenalan sama Hansen, dan jam 9 kami para peserta wawancara di suruh naik ke lanti 11, ternuata tempat wawancara berbeda ruangan dengan gelombang 51, sedikit tegang dan jujur suasana boring dan aku lebih suka suasana gelombang 51 karena keadaan tidak terlalu tegang, harry whatshap tanya gimana proses wawancra dan suasanya" aku jawab aja ,peserta mukanya pada serius dan aku lebih suka suasana gelombang 51" aku kirim foto ke dia, dan akhirnya berlanjut ke pertanyaan berikutnya yang ga sempat aku balas, jujur aku grogi banget hal yang sangat aku takutkan soal rekening,karena uangku belum sempat mengendap,sepanjang menunggu aku berdoa terus dan berharap bisa wawancara dengan pak teguh.akhirnya datang info yang membuat jantungku spot,ada sala satu peserta yg jumlah uangnya 56 juta di nyatakan kurang tapi bersyukurnya dia bukan wawancara dengan pak Teguh" pingin nangis rasanya dan akhirnya aku keluar ruangan nangis sebentar di pojokan dan berdoa simple" Allah kunfayakunmu jika memang ini jalanku maka mudahkanlah"akhirnya aku masuk keruangan tunggu wawancara, tak lama kemudian namaku di panggil dan akhirnya Allah mengambulkan doaku,aku dapat wawancara dengan Pak Teguh, proses wawancara tidak terlalu rumit pertanyaan basa basi dan akhirnya pak teguh bilang berkas semua lengkap, dan tinggal tunggu hasil srpi. wow lama jg nunggunya.aku lihat jam menunjukkkan  pukul 12 dan aku putuskan untuk langsung pulang ke sekolah karena jam 1 mulai PTC, saat pulang sempat kenalan dengan anak yang uangnya di nyatakan tidak cukup, tukaran nomor telpon karena selain uangnya yang tidak cukup toeflnya juga di nyatakan harus di perbarui.

Penantian alay bin panjang Apri,May and June ( 3 Bulan PHP)

setelah wawancra semua orang menanti datangnya surat ajaib alias SRPI, di pikiranku bahwa srpi akan keluar sekitar 1 bulan dan berharap akan seperti gelombang 50 bahwa srpi mereka hanya 1 bulan, tret….tret 23 april terlewati dan belum juga ada tanda srpi akan keluar di tambah dengan bulan berituknya, aku sangat galau dan takut takutnya uang keburu harus di balikkan dan srpi belum juga keluar, jadi selama prose penantian srpi aku sibuk dengan prose pengumpulan uang, jadi dalam bulan may aku minjam sana sini untuk manjaga jumlah uangku tetap 50 juta, jadi dari proses ini aku memberani diriku untuk meminjam uang kepada mami oyun 25 juta ( karena duit om rifka masih ada) jadi akhirnya setelah dapat pinjaman lagi dari mami oyun tanggal 8 May aku print lagi rekening Koran dengna jumlah 54,000,000, jadi tetap berharap bahwa srpi akan keluar may sehingga masih bisa di pakai untuk lodge dokumen ke avac. Bulan April-May hampir 3 kali aku bolak balik imigrasi, berhubungan kantor dekat dengan ditjen imigrasi jadi tinggal jalan kaki, dan alasan yang di dapat berbeda-beda dan kebanyakan dari mereka menyuruh sabar, tapi secara garis alasanya adalah masih banyak peserta yang belum lengkap berkas dokumennya dan ada isu ijazah palsu. Aku berkuat dengan doa agar semua berjalan sesuai rencana Allah dan semoga srpi keluar May, dan akhirnya may berjalan dengan cepat  dan srpi belum ada tanda-tanda keluar  dan berita sedikit membuat aku lemas datang juga, bahwa uang om rifka harus di kembalikan tanggal 4 juni hari ketika esti berangkat ke Norway si saat inilah aku tahu aku berada di titik pasrah dan tak tahu mau melangkah kemana tapi akhirnya hati kecilku membisikan aku harus memafaatkan waktu 3 hari sebelum tanggal empat untuk mengumpulkan uang 50 juta, aku ptuskan untuk menminjam duait dari miss isna, gita, ulan dan regina di kantor dan di tambah duit dari bca , tanggal 3 terkumpul duit senilai 57 juta di rekening, aku pergi ke Bca ngprin rekening Koran , karena rekening Koran yang bisa di pakai untuk lodge ke avac harus dalam 1 bulan yang sama jadi ketika nanti srpi keluar rekening uang itu akan saya pakai. Akhirnya tanggal 4 aku pergi mengantar esti ke Norway, dan besok aku kembalikan uang2 teman yang saya pinjamkan dan paling besar dan butuh waktu 2 hari mengembalikan duit ke mamanya rifka. Melewati tanggal 20 belum ada tanda-tanda srpi akan keluar, tanggal 24 ketika bangun pagi baca di grup kalau srpi udah keluar., langsung cek email dan ternyata srpi ku keluar Alhamdulliah ya Allah penantian galau bin deg-degan udah kelar time to move for the new step Visa time.

It is time for Visa

 Dokumen-dokumen syarat visaku telah siap dari jauh-jauh hari jadi tinggal berangkat ke avac saja,dan saat itu hari-hari sibuk di sekolah persiapan untuk acara perpisahan sekolah untuk murid tk B jadi aku putuskan untuk telat tanpa berkabar aku langsung ke avac, dan syukur Alhamdullliah duitku cukup untuk apply visa hasil dari tabungan-tabungan selama ini di tambah dengan pinjaman dari Rifka, karena datang pagi-pagi jadi counter tidak terlalu sepi jadi tepatnya tanggal 24 Juni aku lodge dokumen ke Avac, hari kamis, ternyata petugas konter avac tidak seserem petugas konter di kedutaan Belanda atau Norwegia, mbak –mbak dari Jogya yang melayani saya, saya lupa namnya tapi dia cukup baik jadi suasana cukup santai, dan Alhamdulillah semua dokumenku lengkap, bayar hampir 4,900,000 dan di suruh untuk nungguh prosesnya sampai dengan 3 bulan, huf,,,,,,,,,,,,tapi karena da tahu bahwa prose kerja kadang tak selama itu akhirnya saya santai saja. Waktu berapa lama visa akan di dapat memang semua tergantung kepada hoky –hoky orang bersangkutan ada teman yang lodge lebih awal dari kita kurang dari tiga hari langsung dapat HAP Id da nada yang nunggu berbulan, saat di avac di bilang kalau kita di larang mengirim surat tertulis ke embassy jadi apa –apa aj kita ti suruh nunggu, udah hampir smeinggu lebih aku belum dapat berita tentang hap id ku jadi aku Tanya ke grup whv ada kemungkin untuk email ke ambassy atau tidak? dapat pencerahan bahwa kita bisa email ke embassy untuk Tanya soal hap id,aku email embassy dan dapat respon untuk menunggu, hati gelisa jelas karena setelah perjuangna bgitu jungkir balik ada kaeraguan takut-takut nanti visa ga lolos dan segala kecamukan yang lain datang melanda, dan semua itu bisa di atasa dengan kuatnya kit aberdoa dan meminta kepada Allah, 2 minggu pas aku dapat hap id, karena posisiku saat itu sedang berada di salatiga, aku putuskan untuk kembali ke Jakarta untuk medical check up di rumah sakit mitra kemayoran, hari jumat pagi pergi ke Mitra kemayoran barengna sama rien asagi anak dari angkatan 55, dan hari selasa sekitar 4 hari dari medical check up Visaku ketrima dan granted pertanggal 14 juli 2015 , yeyy…………yey Alhamdulliah penantian selama ini terbayar dan buah perjuangan dan counting down to fly to Australia.
Visa ini semata-mata Hadia dari Allah dan merupan bagian dari perjuangan ku dan bantuan dari orang-orang baik di sekitarku yang Allah kirimkan untuk menolngku, jadi aku list semua orang yang telam meolong dan mempunyai kontribusi akan perjuangan ini,
Allah kau segala rasa syuku kepadamu yang membuat aku ketrima program ini jadi sampai dengan berhasil seperti ini tak lepas dari orang-orang baik yang kau kirimkan ini list-list orang yang menolongku.

Rifka

Dia adalah penggerak dan motivatorku yang handal dalam mensuppor aku untuk mendapatkan visa ini, dia yang memulai untuk membuktikan bahwa uang bukan jadi kendala jadi yang kita buthkan sedikit trick dan dengan trik itulah dia berhasil dan mengajarkan kepada ku, hutand budi bersenyam di dia dariku dan tak bisa di balas arena hanya Allah yang bisa balas, uang pinjaman 25, juta yang aku pinjam dengan fee senilai kurang lebih 8 ratus ribu, dan usaha yang setengah mati untuk meminjamkan uang itu kepada omnya dan meyakinkan dia, dan uang lain yang aku pinjam buat pemabayaran visa dan kebaikan-kabaikan lain saat aku jalan-jalan ke bandung, itu semua tak akan berbalas, tanpa kau aku tak akan tergerak dan tak akan sampai di sini ,kau adalah tunggak awal aku disni penekan tombol push buttonku, dan akhirnya aku bisa berjalan di proses ini ,dari awal sampai dengan aku bisa datang ke Australia ini karena aku sangant pecaya bahwa kau yang talah di pakai sama Allah, dan bantuan Allah datang melalu dirimu

kak rizka,

Makasih nyai yang telah mensupport dan membuka keberanian untuk mulai dengan pinjaman, dan atas trasaksai yagn sedemikian kita bikin agar terlihat wajar “ Profit Hall tun jang , dan maksih udah ngasih kerjaan selama break lebaran sehingga uang dari kerja bisa beli ransel buat ke Australia, semangat terus nyai desainer.

Mama Oyun


Mang Edy
Mokasih atas naseak magea pinjeman ne 25 juta oh mang walau udem oh agak coa berkabar tapi coa apo-apo paling coa perna ko temulung untuk pertamo.

Miss Isna
You my oase di tengah heating dan emosiku kau seikit bisa menenanngkannku, kau selalu menawarkan bantuan entah itu telinga, tenaga dan waktu di tengah kesibukanmu, terimah kasih atas segalanya bu hajja terutama bantuan uangnya untuk mengisi dana dalam whvku.

Gita chinggu ya
Terimah kasih ya chinggu atas uang dan telinnganya yang aku pinjamna selama proses ini

Regina hard yang aku pinjam uangnya dadakan sebelum print buku tabungan bca,


Widi uangnya yang numpang nginap di tabungna selama beberapa bulan dan itu sangat2 membantu

Ulan
Terima kasih untuk pinajam uang 10 jutanya sehari ya lan, waktu detik terkahir untuk pengumpulan surat keterangan bank.
Dan akhrnya jadilah visa itu, granted tanggal 14 july dan satu bulan kemudian chapter baru dalam perjalan hidup , lemabran2an baru dan ketemu dengan toko2 baru dalam hidup sungguh eposide yang indah, aka nada cerita selanjutnya bergulir meninggalkan kenangan step awal Accomplish.

Dan berlanjut dengan cerita seru selama whv.....hidup aku bersyukur untuk setiap hal yang terjadi dalam hidup ini.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar